Mencicipi kuliner arab di kota pahlawan

13 Agustus 2013 0 Komentar
Sebelum masuk ke menu utama ada kalanya NURINO mau ngucapin "Minal aidzin walfaidzin" mohon maaf lahir dan batin, maaf yang sebesar-besarnya kalo vakum ngeblog cukup lama dikarenakan kesibukan menjelang skripsi..

Okeh kali ini NURINO review salah satu tempat kuliner timur tengah di kawasan ampel surabaya, kawasan ampel ini bisa dibilang kawasan kampung arab, dimana mayoritas masyarakatnya berperilaku layaknya warga timur tengah "Berasa jadi orang arab" *Ngenyot Kurma*, sekedar iseng jalan-jalan menghabiskan waktu akhirnya memutuskan untuk singgah sejenak di warung unik yang terletak di JL. K.H. Mas Mansyur.


Warungnya beneran jumbo ini, ada 2 spot buat NUREADERS menyantap hidangan disini di daerah tengah atau di daerah dalam, kebetulan kita gak ambil ribet jadi makan di area tengah aja, ngira tempat ini bakal bernuansa arab ??, nuansanya gak berasa arab cuma disini tempatnya nyaman + bersih.


Alright guys *Logat Chef Juna* cukup intronya mari telusuri apa yang spesial di tempat ini.


Mulai dari bawah "Nasi kebuli", Nasi kebuli ini adalah nasi yang di masak barengan sama kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin pelengkap diatasnya biasa pakai kismis atau kurma yang udah di potong kecil, jadi rasa berbeda jauh sama olahan nasi pada umumnya, rasanya gurih terasa dari campuran kaldu dan minyak samin, dan manis dari taburan kismis diatasnya, nasi kebuli ini cocok banget disandingkan bareng hidangan yang tengah "Kambing Oven", Porsinya lumayan gede juga dilihat entah bagian apa dari kambing yang diolah sampai dapet rasa yang sedikit manis dan memasaknya pun cukup lama karena daging yang disajikan mudah di kunyah. Last yang paling atas gak asing mungkin dari bentuk udah keliatan.. Yup ! "Roti Maryam", roti khas wilayah timur tengah ini cocok untuk sambilan hidangan lainnya rasanya gurih manis.


Nah ini temennya si "Roti Maryam" tadi, kenalin namanya "Gulai Kacang Hijau" kacang hijau di dalem gulai ?? kedengarannya mungkin aneh yah biasanya kita beli gulai isinya daging sapi atau kambing ini nongol hidangan gulai kacang hijau, tenang aja di dalem gulai kacang hijau ini ada daging kambingnya, ga heran kalo mereka bangun resto ini di depan rumah sakit muhammadiyah, abis makan disini langsung cek tensi darah #Hahaha. Oke langsung aja review menunya, cukup nikmat disantap dengan si maryam rasanya gurih rasa manisnya hanya sedikit dirasa, mungkin lebih kerasa kalo sendokin kacang hijau yang ada di dalem kuahnya, Overall pengalaman yang berasa jadi orang arab asli mungkin kalo bisa di beri nilai 8.5 / 10 lah buat resto ini, mulai dari bersihnya, rasa makanannya, dan yang pasti *Harga*.

LOCATION
JL. K.H Mas Mansyur 189, Surabaya

OPENING HOURS
10:00 - 22:00 

PRICE
Kambing Oven Rp.35,000
Gulai Kacang Hijau Rp.24,000
Nasi Kebuli Rp.10,000
Roti Maryam Rp.4,000 / Biji

MAPS

0 Komentar:

Posting Komentar